Friday 7 December 2012

Bagaimana Ingatan Disimpan di Dalam Otak?

Karena kenangan mendasari begitu banyak sisi kehidupan kita yang kaya sebagai manusia, dari kemampuan kita untuk belajar, menceritakan suatu kisah, bahkan sampai untuk mengenali satu sama lain, tentu sangat luar biasa mengingat bahwa semua itu disimpan hanya dalam segumpal daging yang terletak diantara telinga kita. Dalam beberapa tahun terakhir ini, para peneliti telah mampu melacak ingatan sampai ke tingkat struktural dan bahkan sampai tingkat molekuler, yang menunjukkan bahwa ingatan disimpan di seluruh struktur otak pada koneksi antar neuron yang jumlahnya banyak sekali dan sangat rumit. Bahkan jika satu molekul saja dihilangkan, maka dapat berpengaruh besar pada stabilitas ingatan jangka panjang yang kita miliki.

Cara Ingatan Disimpan di Dalam Otak

Kenangan yang disimpan di otak dapat dibagi dalam dua jenis yang berbeda. Pertama, kenangan jangka pendek, seperti misalnya ketika anda baru mengetahui nama seseorang yang baru anda kenal. Kenangan jenis ini akan diproses di bagian depan otak di daerah yang sangat maju yang disebut dengan lobus pre-frontal.

Selanjutnya ingatan jangka pendek akan dikumpulkan dan disampaikan ke dalam pusat penyimpanan memori jangka panjang yang terletak di hippocampus, suatu wilayah di otak yang terletak lebih dalam lagi. Hippocampus akan mengambil kenangan secara simultan dari daerah sensorik otak yang berbeda dan menghubungkan mereka ke dalam satu episode memori tunggal.

Misalnya, anda mungkin memiliki memori dari pesta pernikahan sahabat anda sebagai kesatuan daripada beberapa kenangan terpisah dari bagian-bagiannya seperti berapa kira-kira orang yang hadir, bagaimana pesta tersebut berlangsung, apa saja hidangan yang disajikan, dan siapa saja yang anda temui ketika itu.

Karena kenangan akan diakses melalui hippocampus, koneksi antar neuron yang berhubungan dengan sebuah memori akhirnya akan menjadi kombinasi tetap, sehingga jika anda mendengar sepenggal bait musik misalnya, anda mungkin akan dibanjiri dengan kenangan lain yang anda asosiasikan dengan episode tertentu di mana anda mendengar musik yang sama.

Ingatan pada Scan Otak

Dalam scan otak, para ilmuwan melihat berbagai daerah di otak menyala ketika seseorang mengingat sebuah episode dari memori, menunjukkan bagaimana kenangan mewakili sebuah indeks dari rekaman sensasi dan pikiran yang berbeda. Hippocampus akan membantu untuk memantapkan pola koneksi yang membentuk sebuah memori, tapi memori itu sendiri tergantung pada kekokohan hubungan antara sel-sel otak individu tersebut.

Pada gilirannya, sel-sel otak bergantung pada protein dan bahan kimia lainnya untuk mempertahankan hubungan mereka dan untuk berkomunikasi satu sama lain. Para ilmuwan telah menunjukkan dengan percobaan pada hewan bahwa dengan menghapus atau mengubah hanya satu bahan kimia atau molekul dapat mencegah pembentukan kenangan, atau bahkan menghancurkan kenangan yang telah ada.

sumber

No comments:

Post a Comment