Wednesday 12 December 2012

5 Hal Yang Bikin Sperma Tak Sehat


Sperma yang sehat adalah syarat dari terjadinya pembuahan dan kehamilan. Namun sayangnya, tak semua pria memiliki kualitas sperma yang sehat dikarenakan beberapa kebiasaan yang kerap mereka lakukan.

Ingin tahu apa saja hal yang bikin sperma tak sehat? Simak berikut ini:

Memakai celana ketat
Pemakaian celana ketat dalam jangka waktu lama akan membuat peredaran darah terganggu. Selain itu suhu testis akan meningkat karena peredaran udara yang terbatas. Hal tersebut membuat produksi sperma terpengaruh dan menurun.

Suhu testis hangat atau panas
Melakukan hal yang membuat suhu sekitar testis naik, akan mempengaruhi produksi sperma. Misalnya berendam di air hangat, duduk terlalu lama di tempat panas, memangku laptop, dll. Sperma terancam tak sehat atau bahkan mati.

Kegemukan
Kegemukan atau obesitas ternyata mempengaruhi jumlah produksi sperma, juga tingkat kesehatan sperma. Study banyak yang menemukan hubungan antara obesitas dan penurunan fungsi organ seks.

Alkohol
Kebiasaan meminum alkohol bisa membuat produksi sperma berkurang. Ini karena alkohol menghalangi penyerapan mineral seng dari makanan yang merupakan bahan penting dalam pembuatan sperma.

Radiasi ponsel
Penggunaan ponsel dalam waktu lama ternyata membuat radiasinya mempengaruhi produksi sperma. Cara membawa ponsel pada saku celana pun membuat radiasinya mempengaruhi testis. Jadi sebaiknya jangan taruh ponsel di saku celana dan bertelpon terlalu lama.

sumber

No comments:

Post a Comment