Tuesday 16 October 2012

Karya Pilihan Astronomi Tahun Ini

Australia fotografer Martin Pugh ini gambar diambil dari Whirlpool Galaxy yang menggabungkan detail halus di lengan spiral dengan ekor samar cahaya yang menunjukkan pendamping kecil galaksi yang secara bertahap terkoyak oleh gravitasi dari tetangganya. Sebuah melihat lebih dekat menunjukkan bahkan galaksi yang lebih jauh terlihat di latar belakang.


Australia fotografer Paul Haese menangkap pemandangan spektakuler dari Venus melintas di depan matahari di 'perjalanan' langka pada bulan Juni tahun ini. Ini adalah pemandangan spektakuler dari Matahari aktif, melesat dan blotched dengan filamen, bintik matahari dan prominences. Venus, sebuah dunia yang hampir persis ukuran yang sama dengan Bumi, tampaknya dikerdilkan oleh skala dan kekuatan bintang lokal kita.

Fotografer Tunç Tezel ditangkap lampu duniawi kota dan desa, tersebar di bawah cahaya surgawi dari salah satu lengan galaksi kita sendiri, Bima Sakti. Membuat sebagian besar malam bulan Agustus, fotografer mendapat tembakan ini setelah trekking keluar ke Uludag Taman Nasional dekat kota asalnya, Bursa, Turki.

Jepang fotografer Masahiro Miyasaka menangkap adegan es di Nagano, Jepang, dengan bintang biru overhead Pleiades bersinar. Meskipun cahaya dingin, bintang-bintang biru sebenarnya jauh lebih panas dan lebih besar daripada bintang-bintang merah.

Fotografer Amerika Robert Franke menggunakan filter narrowband untuk meningkatkan detail dalam citra 'Broom penyihir' nebula - sisa-sisa ledakan kuno di luar angkasa. Bagian dari Nebula Veil, yang 'penyihir Broom' adalah puing-puing bersinar dari ledakan supernova - kematian kekerasan dari sebuah bintang masif. Meskipun supernova terjadi beberapa ribu tahun yang lalu, puing-puing gas masih terus berkembang ke arah luar, menghasilkan ini besar ...banyak

Citra Amerika fotografer Michael A Rosinski memadukan cahaya buatan, kawanan kunang-kunang, dan busur panjang overhead bintang trails, ditangkap menggunakan eksposur panjang.

Massa seluruh dunia berkumpul untuk menyaksikan momen langka ketika Venus lewat di depan matahari kita pada awal tahun ini. Fotografer Chris Warren ditangkap ini di Blackheath, London, dalam satu tembakan menggunakan filter 'Hidrogen-Alpha', ketika awan sebentar berpisah untuk memungkinkan sekilas acara.

Astrophotographer Peach Damian Inggris menangkap rangkaian stills dari permukaan Mars - menawarkan gambaran yang lengkap tentang dunia bermusuhan saat ini sedang dieksplorasi oleh NASA Curiosity rover. Ini menunjukkan tutup berkilauan kutub utara dari air beku dan karbon dioksida, padang pasir khatulistiwa merah dan dataran tinggi selatan gelap. Fotografer telah menangkap tingkat yang mengagumkan detail, termasuk awan tipis di atmosfer Mars yang tipis.



sumber

No comments:

Post a Comment