Saturday 13 October 2012

Fakta Penting Tentang Gigi Anda yang Tak Boleh Diabaikan


JAKARTA - Jangan sepelekan gigi. Jika selama ini, kita berpikir tulang kita lebih keras dari gigi, kita harus berpikir ulang. Pasalnya gigi merupakan jarungan terkeras dari tubuh manusia. Bahkan lebih keras dibandingkan tulang.

Baik gigi maupun tulang, sebaiknya diperhatikan kesehatannya. Seperti halnya kita yang mengomsumsi susu berkalsium tinggi, untuk menjaga kesehatan tulang, begitu pula kesehatan gigi. Jika tidak dijaga, gigi dapat rapuh atau rusak. Berikut ini fakta mengenai gigi yang layak kita simak.

- Gigi merupakan jaringan terkeras di tubuh, tetapi jika diabaikan kesehatannya dapat mengalami kerusakan. Kerusakan terjadi melalui proses berbulan-bulan atau tahunan.
- Kerusakan lapisan gigi disebabkan adanya bakteri, jarang menyikat gigi (sebelum tidur dan setelah makan), serta pola konsumsi (banyak mengonsumsi makanan manis dan lengket).
- Kerusakan pada gigi ditandai dengan timbulnya rasa ngilu.
- Menurut survei Sendodyne, satu dari tiga orang menderita gigi sensitif karena dentin hipersensitif.
- Di Indonesia terdapat 45 persen orang menderita gigi sensitif dari seluruh populasi.
- Penderita terbanyak berada pada usia 20 - 50 tahun.
- 52 persen penderita tidak menyadari gigi sensitif dan tidak berkonsultasi dengan dokter gigi.

"Untuk mengatasinya pakai sikat gigi sengan ukuran bulu medium, menyikat dengan arah memutar, kalau sudah terbiasa maju mundur nggak apa-apa, asal menyikatnya sampai geraham bagian belakang, dan minimal dua kali sehari menyikat gigi," ujar drg. Yuniarti Soeroso, Sp.Perio, dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia.

sumber:

No comments:

Post a Comment