Friday 22 June 2012

Ebook: Nutrisi Akal, Jiwa dan Raga


Poster Nutrisi Akal, Jiwa dan Raga( Arrisalah.net)
Poster ini dapat di download free click (here) pada bagian bawah Artikel.


> Nutrisi Akal

  1. Bacaan bermutu untuk menambah wawasan ilmu dien dan mendengarkan kajian-kajian keislaman. Bacalah dengan menyebut nama Rabbmu yang menciptakan, Dia telah menciptakan dengan segumpal darah, Bacalah, dan Rabbmulah yang paling permurah (Al-Alaq 1-3).
  2. Motivasi-motivasi fositif untuk meembangun mind power (kekuatan pikiran) dan mempola cara berfikir yang benar dan kreatif. Dan tetaplah memberikan peringatan karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman (Adz Zariyat : 55)
  3. Menulis. Para peneliti dalam bidang neorologi (ilmu saraf otak) rata-rata menggunggulkan membaca dan menulis dalam merawat dan menjaga otak agar terus dalam keadaan bugar dan siap menerima perubahan-perubahan secepat apapun perubahan itu terjadi (Hernowo).
  4. Berfikir dan menganalisa. " Sesungguhnya dalam penciptaan langit langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang yang berakal" (Al-Imron:190)
  5. Mempelajari hal-hal baru yang bermanfaat, belajar memecahkan masalah dan latihan otak yang lain. "Bersmanagat atas hal-hal yang bermanfaat bagimu. Minta tolong kepada Allah dan jangan engkau lemah" (HR. Bukhari Muslim)
  6. Refreshing. "Setiap amal itu ada masa giatnya dan masa giat ada masa jenuhnya, barang siapa yang pada masa jenuhnya diisi dengan sunahku, maka dia beruntung, barang siapa yang mengisi dengan selain sunahku maka dia celaka."(HR. Ahmad)  


> Nutrisi Jiwa

  1. Dzikir


  • Membaca Al-qur'an." Dan kami turunkan suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zhalim selain kerugian." (Al-Isra : 82)
  • Istighfar. Barang siapa yang tekun beristighfar Allah akan berikan solusi atas setiap kesulitan yang dihadapi, memberikan pelipur atas kesedihan yang menginggapi dan memberikannya rezeki dari arah yang tak disangkah-sangkah."(H.R AbuDaud).Imam Qatadah berkata " Penyakit kalian adalah dosa dan obatnya adalah istighfar.
  • Dzikir secara Umum Termasuk doa. Dengan berdo'a jiwa akan lebih tenag karena memiliki tempat bersandar, meminta dan berlindung dari berbagai bencana. " Yaitu orang-orang yang beriman da hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah hanya menginagat Allah hati menjadi tentram". (Ar Ra'd : 28)


     2.  Muhasabah diri

  • Muhasabah atau introspeksi diri akan membuat jiwa sadar akan aib dan kekurang diri, sadar akan hak-hak Allah atas dirinya dan akan membuat jiwa akan semakin lembut dan tawadh'u. Hasan Al-Basrhi berkata "Seorang mukmin iu pemimpin bagi dirinya sendiri. Ia mengintrospeksi dirinya karena Allah. Sesungguhnya hisab pada hari kiamat nanti akan ringan bagi mereka yang telah melakukannya didunia. Sebaliknya hisab akan berat bagi kaum yang menempuh urusan ini tanpa pernah berintropeksi.

     3.  Shalat Malam

  • Al-Mundakir berkata, " Kenikmatan dunia hanya tersisa tiga; shalat malam, berjumpa dengan teman, dan shalat jama'ah.


> Nutrisi Raga

  1. Makanan Halal dan bergizi. Misalnya sayuran, buah, daging, susu dan ikan. "Makanlah dari pada apa yang Allah merezekikan kamu, yang halal dan baik dan takutilah Allah, yang kepada-Nya kamu orang-orang mukmin." (Al-Maidah :88)
  2. Madu. "Dari Perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda( kebesaran Rabb) bagi orang-orang yang memikirkan." ( An-Nahl : 89)
  3. Habbatussauda (Biji jinten hitam). "Setialah dengan Habbatussauda, karena sesungguhnya ia penyembuh segala penyakit kecuali kematian." ( HR. Bukhari Muslim)
  4. Minyak Zaitun. Konsumsilah minyak zaitun dan gunakan sebagai minyak rambut, karena minyak zaitun  dibuat dari pohon yang berkah.(HR. At- Tirmidzi dan Ibnu Majah)


No comments:

Post a Comment