Saturday 7 April 2012

Info Memperbaiki Komputer sering restart dengan selamat


Komputer tiba-tiba sering restart sendiri padahal anda merasa tidak pernah merestartnya, tentunya kondisi tersebut akan sangat menjengkelkan bahkan beberapa orang akan merasakan kegalauan tersendiri.

Ketika komputer tiba-tiba melakukan restart sendiri mungkin salah satu penyebabnya adalah di bawah ini ( temukan penyebabnya dan carilah solusinya ) :

Komputer  sering Restart karena VGA Card Rusak
VGA rusak sering menjadi penyebab komputer sering restart sendiri, VGA yang mengalami kerusakan akan terasa cepat panas pada bagian pendinginnya, selain itu tampilan gambar pada layar monitorpun akan mengalami kerusakan juga, solusinya sering-seringlah mengecek VGA anda untuk tindakan pencegahan, jika sudah benar-benar rusak gantilah dengan VGA yang masih bisa digunakan

Komputer sering Restart karena Kondisi Harddisk bad sector
Bad sector pada harddisk seringkali menjadi penyebab komputer sering restart sendiri dan sering juga mengalami hang dan juga muncul pesan bluescreen of deadth, atau komputer sama sekali tidak bisa booting karena selalu restart terus. Untuk pencegahan seringlah melakukan defrag harddisk dan scan secara teratur, jika harddisk sudah terlanjur banyak bad sectornya silahkan diganti dengan harddisk yang baru dan masih layak digunakan.

Komputer sering Restart karena Memory rusak
Memory yang rusak juga bisa menjadi penyebab komputer sering restart, coba gantilah memory anda dengan memory yang anda yakin tidak rusak

Komputer sering Restart karena Processor kepanasan
Seringkali processor yang kepanasan menjadi penyebab utama komputer sering restart sendiri, kondisi ini biasanya disebabkan karena kondisi fan yang terdapat pada pendingin tidak bekerja dengan sempurna, sudah keringnya thermal paste yang merekat antara pendingin dengan processornya, kondisi ruangan tempat komputer terlalu panas.

Untuk mengatasi hal tersebut diatas adalah silahkan anda cek ulang kondisi-kondisi tersebut diatas misalnya cek kipas processor, bersihkan debu kipas processor, thermal paste sering dicek kalau sudah kering silahkan cepat diganti, usahakan ruang untuk tempat komputer anda berpendingin yang baik.

 Komputer sering Restart karena power Supply kekurangan daya
Power supply berfungsi untuk mensupply daya ke CPU, usahakan daya listrik yang masuk terpenuhi, juga seringlah mengecek fan dari power supply apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.


Demikianlah cara memperbaiki komputer yang sering restart, usahakan jadwalkan pengecekan komputer anda secara terencana dan kontinyu.

sumber:http://www.informasipasti.com

No comments:

Post a Comment