Saturday 24 March 2012

Volvo V40 terbaru yang pertama punya airbags untuk pejalan kaki



Volvo V40 terbaru resmi dipamerkan di Geneva Motor Show, banyak fitur baru di mobil V40 ini tetapi ada satu yang terbaru dan merupakan pertama di dunia untuk saat ini.


Disebut dengan Pedestrian Airbag Technology, di Volvo V40 ini ada air bag (kantong udara) yang dikhususkan bagi pejalan kaki dimana air bag akan muncul di bagian kaca depan mobil ketika terjadi tabrakan.
Dengan bantuan sensor yang ada di bemper mobil, ketika terjadi tabrakan maka otomatis kap depan mobil terbuka dan mengeluarkan kantong udara yang akan menutupi sebagian kaca depan mobil.
Berguna banget nih karena sering kali kita lihat mobil nabrak orang dan kemudian orang tersebut terpental ke kaca depan yang membuat kaca depan hancur dan sekaligus membuat parah keadaan orang tersebut, jadi sepertinya cukup membantu.
Selain Pedestrian Airbag Technology, masih banyak lagi fitur lain di Volvo V40 ini.

- City Safety
Mobil anda nyundul mobil di depan karena jarak terlalu dekat?
Fitur ini akan bisa melakukan pengereman otomatis ketika mengganggap mobil anda terlalu dekat dengan mobil di depan.
Fitur ini sendiri sebenarnya sudah lama tetapi di Volvo V40 ini, fitur ini akan aftif ketika mobil berjalan di bawah 50 km/ jam, sebelumnya hanya 30 km/ jam.

- Lane Keeping Aid
Dengan sensor yang ada, fitur ini otomatis akan aktif ketika berjalan antara 65 – 200 km/ jam dan akan membuat stir lebih berat untuk menjaga kestabilan dan bila mobil mendadak akan keluar jalur, otomatis akan diberi peringatan dan kalau tidak digubris oleh pengemudi, mobil bisa mengambil alih untuk membuatnya tetap di jalur.

- Cross Traffic Alert
Ini juga penting karena sering kali ketika kita mau keluar dari parkiran, mendadak ada mobil nongol di belakang sehingga kadang terjadi tabrakan.
Sensor sistim radar yang ada bisa menditeksi mobil yang ada di belakang dan memberitahu.

otakku.com

No comments:

Post a Comment