Friday 16 March 2012

Tata Megapixel City Car Pintar asal India



Tata Motors merilis Megapixel concept di Geneva Motor Show sebagai kelanjutan dari Pixel concept tahun lalu. Mobil ini berjenis konsep city car four-seater Range Extended Electric Vehicle (REEV), diklaim memiliki daya jelajah hingga 900 km dengan mengandalkan baterai Lithium Ion Phospate.

Motor listrik dipadu mesin satu silinder 325 cc sebagai range-extender. Fungsinya untuk mengisi baterai. Hasilnya, Megapixel menghasilkan emisi CO2 yang hanya sebesar 22 g/km dan kehematan bahan bakar mencapai 100 km/liter dengan tenaga baterai.



“Tata Megapixel dikembangkan oleh tim desainer kami di India, UK, dan Italia, merupakan ide kami menciptakan city car cerdas untuk penggunaan di kota-kota besar seluruh dunia. Ini merupakan hasil perkembangan yang kami lakukan pada Tata Pixel yang dipamerkan tahun lalu, dan juga menunjukkan arah desain masa depan perusahaan”, ungkap Prakash M. Telang, Managing Director – India Operations, Tata Motors.

Sistem penggerak Megapixel sangat unik, karena menggunakan motor listrik independen di masing-masing roda. Motor listrik tersebut mampu berjalan ke kedua arah maju maupun mundur, sehingga mampu berbelok dengan sudut sangat tajam dengan radius putar yang hanya 2,8 meter. Struktur bodi tanpa menggunakan pilar di pilar B dan menggunakan panoramic roof.



Meskipun belum ada rencana merealisasikannya ke jalur produksi, Tata telah menunjukkan kemampuan teknologi yang tak bisa dianggap remeh. Teknologi lain yang menjadi keunggulan di Megapixel ini seperti Human Machine Interface (HMI) yang merupakan sebuah monitor layar sentuh yang diletakkan pada panel instrumen tengah. Fungsinya untuk mengatur pendingin udara, temperatur, ventilasi, mode pengendaraan dan performa.

Tata juga menunjukkan pengisian baterai dengan menggunakan induction pad, jadi tidak perlu mencolokkan kabel dan hanya memarkirkannya saja diatas tempat tersebut.



Penulis : Muhammad Badra
autobildindonesia.com

No comments:

Post a Comment