Sunday 26 February 2012

SCI hyMod, Mengawinkan Mobil Listrik dan Hibrida


 Mobil hibrida yang dikenal secara umum, digerakkan oleh motor bakar (mesin bensin atau diesel) dan motor listrik, baik secara bersamaan atau pun bergantian. Ternyata, dari Rumania muncul lagi yang disebut “mobil listrik dan hibrida”. Gimana sih konsepnya?

Modul 
Ternyata, konsep yang dibuat oleh trio Dan Scarlat (wartawan), Marian Cilibeanu (desainer) Cristian Ionescu (insinyur) adalah hibrida modular. Namanya pun singkatan dari ketiga personal tersebut, yaitu SCI plus hyMod, Istilah terakhir adalah singkatan dari “hybrid” dan “modular”.

Dijelaskan - secara teori – mobil yang mereka rancang bisa menggunakan dua sumber tenaga berbeda dan digunakan sesuai kebutuhan. Tenaga pertama adalah motor listrik  (48 kW atau 64 PS) yang dipasang di atas roda depan dan baterai di kolong sehingga membuatnya menjadi mobil listrik murni. Tenaga kedua, unit hibrida, gabungan motor bakar (62kW atau 83PS) yang bekerja secara tandem dengan motor listrik yang berada di depan.

Lebih jelasnya, saat menjadi menjadi mobil listrik murni, yang berputar adalah as roda depan. Ketika berubah menjadi mobil hibrida, penggeraknya adalah as roda belakang saja atau kombinasi, roda depan dan belakang. Jadi, mobil ini bisa pula bekerja dengan sisgtem 4x4.

Ciri khas lain dari mobil, modul penggerak hibrida yang dipasang di belakang, bisa dicopot atau diganti sesuai dengan kebutuhan atau mode yang diinginkan. Misalnya, mau menjadikan mobil listrik saja atau mesin bensin yang menjadikannya mobil hibrida.

6 Penumpang
Mobil ini diklaim kompak dan disamakan dengan Nissan March. Kenyataannya, panjang dan tinggi mobil ini malah sama dengan  Avanza-Xenia dan lebih lebar. Itu b bisa dilihat dari  panjang 4.100 mm dan tinggi 1.680 mm, sedangkan lebar 1.840 mm. Bahkan bila kedua spion samping dipasang menjadi 1.960 mm.

Postur lebar bertujuan agar bisa  memuat 6-penumpang (3 di depan, termasuk pengemudi dan 3 di belakang).  Karena itu pula, diklaim sebagai kendaraan keluarga.

Paket
Untuk mesin bensin, dikatakan menggunakan sistem injeksi langsung plus turbo (ancar-ancar mesin Fiat Twin Air), transmisi CVT dengan sub-gigi planet.

Untuk motor listrik, menggunakan magnet permanen sinkronus yang dipasang di depan, bertenaga 42 kW dan langsung memutar roda depan. Baterainya 5kWh, ditaruh di kolong sebenarnya berfungsi sebagai tambahan dari tenaga utama, baik baterai atau mesin bensin.

Struktur modular di belakang sangat menentukan sifat transformasi teknis mobil ini.  Di sekitar aksel dipasang  as roda dan kopling mekanis intermiten yang berfungsi pada mode konvensional.

Dua mode yang tersedia adalah mobil listrik yang disebut “paket baterai” dan mesin bensin bersama transmisi CVT sebagai “paket mesin”.

Kunci utama SCI hyMod adalah kemampuan berubah dari mobil listrik murni ke mobil hibrida pada pusat transformasi khusus (hyMod Station). Di sini, modul  bisa dilepas dan dipasang secara otomatis. Pemasangan modul mesin dijamin aman,  tidak menimbulkan gerakan ke depan atau ke samping saat digunakan.
Bahkan agar mesin kokoh ditempatknya, diberi lagi pengencang atau penguat berupa tambahan tiang (bar).

Tahap paling krusial adalah pemasangan transmisi ke mesin. Pasalnya mesin dan transmisi duduk pada rangka dengan bemper elastis

KompasOtomotif –

No comments:

Post a Comment