RPP Berkarakter - RPP Berkarakter Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi baik SD/MI SMP/MTS dan SMA/MA memang Rencana Perangkat Pembelajaran yang lagi di gunakan sebagai perangkat pembelajaran sekarang ini. ada beberapa perbedaan rpp berkarakter dan rpp yang dulu yaitu rpp sekarang lebih di tekan kan kepada karakter siswa, Contoh RPP Berkarakter Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi SDMI SMP MTS SMA MA 2011 2012 mudah mudahan bermanfaat untuk anda semua
Berikut contoh rpp berkarter smp dan sd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : ....................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1.( memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan -berita)
Kopetensi dasar :
1.Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
Alokasi waktu : 2 x 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik dapat menunjukkan pokok-pokok berita yang didengarkan Secara Tekun (diligence)
- Peserta didik dapat menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita
- Peserta didik dapat menyimpulkan isi berita dalam satu alinea
Karakter siswa yang diharapkan :
- Dapat dipercaya ( Trustworthines
- Rasa hormat dan perhatian ( respect
- Tekun ( diligence )
- Tanggung jawab ( responsibility )
B. Materi Pembelajaran
Penyimpulan pikiran, pendapat dan gagasan dalam wacana
C. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi dan penugasan Teks wawancara tentang tokoh idola
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
Apersepsi :
- Peserta didik Membacakan teks berita
- Peserta didik mendengarkan teks berita yang dibacakan
- Peserta didik diminta bertanya tentang manfaat berita yang dibacakab
Motivasi :
1.Menjelaskan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
Kegitan Inti
- Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.Mendengarkan wawancara narasumber atau rekaman wawancara Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect )
2.Mendata pikiran, pendapat dan gagasan yang dikemukan narasumber Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
3.melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber; 4.menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain; 5.memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
RPP Berkarakter
- Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- Mendiskusikan ketepatan data pikiran, pendapat, gagasan, yang dikemukan narasumber Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
- Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh atau narasumber yang disampaikan dalam wawancara Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
- Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui wawancara kedalam beberapa kalimat singkat Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) Serta Tanggung jawab ( responsibility )
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
- memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
- memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
- memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
- berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
- membantu menyelesaikan masalah;
- memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
- memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
- memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
- bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
- melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
- memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
- merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
- menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber Belajar
- Bagan identifikasi pengalaman
- Gambar VCD
- Narasumber Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
aadesanjaya.blogspot.com
No comments:
Post a Comment