Friday 20 January 2012

Cara Membuat Kotak Cari pada Blog


Sobat newbie, apakah artikel postingan sobat sudah banyak? Jika sudah, tentu akan ada baiknya jika dipasang semacam kotak pencarian artikel pada blog sobat. Dengan adanya kotak cari ini, bila pengunjung memasukkan kata kunci (keyword) tertentu, akan keluar artikel yang mereka cari. Tentu saja, jika ada postingan sobat yang berkaitan dengan kata kunci yang mereka masukkan.

Wah, dalam terminasi blogger com dikenal dengan search engine (mesin pencarian). Google juga punya mesin ini. Tapi kali ini kita coba membuat kotak pencarian dengan  script yang telah dibuat oleh seorang blogger teman matras newbie dan dimodifikasi seadanya.

Berikut cara membuat kotak cari pada blog :

1.Masuk ke blogger dengan ID sobat.

2. Klik rancangan, kemudian tambah gadget.

3. Pilih HTML/JavaScript

4. Kopi dan paste kode ini :


<form action="http://matrasnew.blogspot.com/cari"method="get"> <input class="textinput" name="q" size="15" type="text"/> <input value="Cari" class="buttonsubmit" name="submit" type="submit"/></form>

Keterangan:
Ganti nama blog berwarna merah dengan nama blog sobat. Kemudian angka “15” adalah lebar kotak pencarian. Bisa sobat ganti dengan angka sesuai keperluan. Semakin besar angkanya, semakin lebar kota pencarian.

sumber:http://matrasnew.blogspot.com

No comments:

Post a Comment