Saturday 13 August 2011

Bab 1(Contoh skripsi akutansi 2)


BAB 1
PENDAHULUAN
1.1Latar Belakang Penulisan
Pada era globalisasi sekarang ini, persaingan dunia usaha dan perdagangan semakin terlihat tajam terutama dibidang perekonomian, baik perusahaan manufaktur maupun jasa. Dalam kondisi persaingan seperti sekarang ini, merekasaling berusaha untuk mendapatkan pelanggan dan laba sebanyak mungkin melaluipeningkatan produktivitas, kualitas, menekan biaya-biaya produksi dan biayalainnya tanpa mengurangi kualitas serta kuantitas dari produk atau jasa yangdihasilkan.
Tujuan dari setiap perusahaan tersebut berkaitan dengan efisiensi, efektivitasdan ekonomis. Kinerja suatu perusahaan dapat dikatakan baik dan efektif, jikahasil yang dicapai oleh perusahaan telah sesuai dengan apa yang ditetapkansemula. Untuk mencapai hasil yang memuaskan tersebut, maka diperlukan sumberdana dan sumber daya manusia yang memadai di perusahaan agar tingkat efisiensidan efektivitas dapat tercapai. Selain itu, sumber daya manusia yang dimilikiperusahaan harus digunakan dengan baik dan dimanfaatkan secara tepat.Sedangkan suatu perusahaan dapat dikatakan ekonomis, apabila hasil yangdiperoleh dapat dikerjakan dengan menggunakan sumber daya manusia yang lebihsedikit, tapi kuantitas dan kualitas barang yang dihasilkan tetap sama.
Dengan menggunakan sistem manajemen perusahaan yang baik diharapkandapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas suatu perusahaan. Hal ini dapatdiketahui melalui laporan-laporan, seperti laporan keuangan dan laporan kegiatanharian atau bulanan yang dilakukan setiap akhir hari kerja atau akhir bulan danharus berisikan informasi mengenai seluruh kegiatan yang dilakukan. Sedangkan untuk mendapatkan data atau informasi yang baik dan terbaru, maka semualaporan yang dikirim kepada atasan harus berisi informasi yang mencerminkan keadaan yang sebenarnya. Tetapi untuk mendapatkan data dan informasi yang akurat, diperlukan suatu sistem pengendalianintern yang baik dan dijalankandengan benar.
Karena dengan adanya pengendalianintern yang baik, diharapkansetiap bentuk dan tindakan penyelewengan yang akan atau sedang terjadi diperusahaan dapat dikurangi atau dapat dicegah sedini mungkin. Kesalahan itu bisaberupa data yang tidak dimasukkan, data yang dimasukkan dua kali, data yangsalah penempatannya antara debet dengan kredit dan kesalahan-kesalahan lainyang tidak terduga. Untuk itu, diperlukanauditor yang dapat melakukan pemeriksaan secara independent terhadap seluruh transaksi atau kegiatan perusahaan yang ada dan kemudian dicocokan atau disesuaikan dengan bukti yang ada dan biasanyadilakukan pada akhir periode atau akhir tahun, guna mengurangi dan menghambatkemungkinan terjadinya kesalahan atau kecurangan yang mengganggu kelancarankegiatan bisnis. Sehingga perusahaan dapat dengan cepat mengambil suatu sikap,tindakan dan keputusan yang tepat terhadap kecurangan atau penyelewengan yangterjadi. Menyadari arti penting dariaudit bagi dunia usaha dan segala kemungkinanyang akan terjadi terhadap perkembangan dunia usaha di masa yang akan datang,maka penulis tertarik untuk memaparkanaudit sebagai bidang konsentrasi skripsidengan pokok permasalahan pada sistem informasipenjualan kredit dan piutangdagang. Mengingat penjualan kredit dan piutang dagang merupakan salah satufaktor penting bagi perusahaan untuk meningkatkan laba usaha dan sebagai sumberutama pendapatan, maka penulis berusaha mengangkat beberapa aspek pentingyang terdapat pada bagian penjualan kredit dan piutang dagang ke dalam suatukarya ilmiah atau skripsi melalui PT. Distriversa BuanaMas (PT.DBM).
Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis tertarik untuk memilih penulisan skripsi dengan judul “AUDIT SISTEM INFORMASI PENJUALAN KREDIT DAN PIUTANG DAGANG PADA PT. DISTRIVERSA BUANAMAS”

1.2 Ruang Lingkup
Untuk lebih mengarahkan penyusunan dan penulisan skripsi ini, penulis
merasa perlu membatasi ruang lingkup penelitian, yaitumeliputi sebagai berikut:
      1.Peng-audit-an sistem informasi penjualan kredit dan piutang dagang pada PT.Distriversa BuanaMas yang dilakukan dengan cara pengecekanoutput yangdihasilkan dan disesuaikan denganinput.
      2. Sistem pengendalian internal berbasis komputer pada PT. DistriversaBuanaMas yang meliputi pengendalian umum (management control) danpengendalian aplikasi (application control). Pembahasan pengendalian umumdibatasi hanya pada pengendalian keamanan (security control). Sedangkanpengendalian aplikasi (application control) membahas tentang pengendalianmasukan (input control), pengendalian keluaran (output control), pengendalianbatasan (boundary control), pengendalian komunikasi (communication
control).
1.3Tujuan dan Manfaat
Tujuan dari pembuatan skripsi ini adalah:
1.Mengidentifikasi permasalahan yang terjadi pada sistem informasi penjualan kredit dan piutang dagang pada PT. Distriversa BuanaMas.
2.Memastikan bahwa sistem menghasilkanoutput yang tepat waktu dan sesuai denganinput sehingga dapat dipercaya oleh yang bersangkutan.
       3. Memberikan rekomendasi untuk kelemahan-kelemahan yang mungkinditemukan di dalam sistem dan menghasilkan laporanaudit bagi PT.Distriversa BuanaMas.
Manfaat dari pembuatan skripsi iniadalah:
1.Dapat memberikan gambaran tentang kondisi sistem informasi penjualan kredit
dan piutang dagang dimasa depan.
2. Menghasilkan informasi tentang kelemahan-kelemahan dari sistem yang
menyebabkan kerugian bagi PT. Distriversa BuanaMas.
       3.Diharapkan setelah melakukan peng-audit-an pada sistem informasi penjualankredit dan piutang dagang, PT. Distriversa BuanaMas dapat memperolehmasukan-masukan yang dapat berguna untuk penyempurnaan dan peningkatanefisiensi dan efektivitas sistem informasi penjualan kredit dan piutang dagangdimasa depan.
1.4 Metodologi Penelitian
Dalam penyusunan skripsi ini, data-data yang diperlukan diperoleh dari
metode pengumpulan datasebagai berikut:
1.Study Pustaka (Library Research) Yaitu penelitian yang dilakukan penulis untuk memperoleh data secara tertulismengenai penelitian kepustakaan dengan cara membaca dan menelaah buku-buku,literatur dan tulisan-tulisan ilmiah yang berhubungan dengan judulskripsi.
2.Study Lapangan (Field Research) Dalam hal ini dilakukan pengamatan secara langsung terhadap perusahaanyang menjadi obyek penelitian agar mendapatkan informasi dan data yanglebih akurat. Dalam penelitian lapangan ini, digunakan tiga metode yaitu:
a) Wawancara (interview)Yaitu suatu metode pengumpulan data dengan melakukan wawancaraterhadap karyawan dan pihak manajemen perusahaan yang bersangkutandengan obyek penelitian.
b) Pengamatan (observation) Yaitu suatu metode pengumpulan data dengan melakukan pengamatanlangsung terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan yangberhubungan dengan obyek penelitian.
c) KuesionerYaitu suatu metode pengumpulan data dengan memberikan daftarpertanyaan secara tertulis kepada pihak yang berhubungan dengan obyekpenelitian.
3. MetodeAuditPenulis menggunakan metode audit around the computer dimana penulismenelaah struktur pengendalian dan melaksanakan pengujian transaksi danprosedur verifikasi saldo perkiraan terhadapinput danoutput sistem aplikasi.Di samping itu, penulis dapat mengambil kesimpulan tentang kualitaspemrosesan data yang dilakukan oleh perusahaan.
1.5 Sistematika Penulisan
Skripsi ini terbagi dalam lima bab pembahasan. Masing-masing bab akan
dibahas seperti hal-hal yang ada di bawah ini:
Bab 1: PENDAHULUAN
Bab ini menjelaskan mengenai latar belakang penelitian, ruanglingkupnya, tujuan dan manfaat penulisan, metode penelitian sertasistematika penulisannya.
Bab 2: LANDASAN TEORI
Bab ini menjelaskan teori-teori dari hasil studi kepustakaan, buku-bukuilmiah, dan karya-karya ilmiah lainnya yang berhubungan danmendukung skripsi.
Bab 3 : ANALISA SISTEM YANG SEDANG BERJALAN
Bab ini menjelaskan riwayatperusahaan, baik sejarah perusahaan,struktur organisasi, pembagian tugas, tanggungjawab dan wewenangnya.Selain itu, berisi sistem informasi dan prosedur yang sedang berjalan.
Bab 4 :AUDIT SISTEM INFORMASI PENJUALAN KREDIT DAN
PIUTANG DAGANG PADA PT. DISTRIVERSA BUANAMAS
Bab ini menyajikan dan menganalisa perencanaanaudit, kuesioner, matriks audit, temuan audit, resiko yang ditimbulkan, serta rekomendasi yang diberikan dalam mengantisipasi resiko tersebut.
Bab 5 : SIMPULAN DAN SARAN
Bab ini terdapat kesimpulan terakhir dari seluruh hasil penelitian yang telahdilakukan terhadap seluruh rangkaian sistem. Dalam bab ini juga terdapatsaran-saran yang perlu diambil untuk menyempurnakan dan membuatsistem menjadi lebih baik.




No comments:

Post a Comment