Thursday 13 July 2017

Cara hilangkan bunyi fanbelt mencicit di mesin mobil

tali kipas fan belt
Apakah anda adalah pemilik mobil yang saat ini sedang mengalami masalah mengenai bunyi bunyian didalam ruang mesin khususnya bungi mencicit atau berdecit ? mungkin artikel ini akan bermanfaat bagi anda yang mengalami hal demikian.

Untuk bisa mengatasi bunyi mencicit pada mobil, kalian perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab kenapa ada bunyi mencicit didalam ruang mesin. Kebanyakan penyebab bunyi mencicit ketika mesin dihidupkan adalah karena adanya fan belt atau tali kipas yang bermasalah. Untuk lebih jelasanya silahkan anda Baca juga : Penyebab mesin bunyi mencicit ketika dinyalakan .

Biasanya penyebab umum kenapa tali kipas ini mengeluarkan bunyi adalah karena faktor usia yang sudah usang, adanya kotoran atau debu berserta minyak yang menempel sampai adanya kerusakan pada tali kipas berupa retak retak. Dan bila anda pastikan kesemua masalah seperti diatas tidak anda temukan, fan belt masih dalam kondisi bagus, tidak retak dan tidak kendor, maka ada cara ampuh menghilangkan bunyi mencicit pada tali kipas hanya dengan menggunakan bedak bayi.

Cara hilangkan bunyi fanbelt mencicit di mesin mobil dengan bedak bayi

Cara menggunakan bedak bayi guna menghilangkan bunyi mencicit sangatlah mudah, cukup kalian taburkan bedak bayi ini pada tali kipas atau fan belt, kemudian coba nyalakan mesin tersebut. Jika suara mencicit masih ada silahkan anda matikan mesin, kemudian taburkan bedak bayi ini pada bagian tali kipas begitu seterusnya sampai suara mencicitnya hilang. Pastikan ketika anda hendak menyalakan mesin, jika ada teman atau saudara yang berada di depan disuruh minggir sebab bedak bayinya akan ikut tersembur.

Cara hilangkan bunyi fanbelt mencicit di mesin mobil dengan grease

Jika kalian tidak memiliki bedak bayi dirumah ada cara lain untuk menghilangkan bunyi mencicit ini yakni dengan mengoleskan grease ke bagian dalam fan belt mesin. Caranya yakni silahkan ambil grease diujung jari, kemudian oleskan ada bagian dalam dari tali kipas mesin kemudian nyalakan mesin mobil anda dan tunggu sampai suara mencicitnya hilang.


Cara hilangkan fanbelt bunyi dengan mencuci tali kipas

Bunyi bunyian mencicit biasanya disebabkan karena tali kipas ini terlalu kering sehingga beberapa cara murah dalam mengatasi bunyi tali kipas ini dengan mencucinya. Sebelumnya anda harus melepas tali kipas ini kemudian mencucinya dengan menggunakan sabun colek hingga bersih. Setelah itu keringkan dengan suhu ruangan dan pasang kembali fanbelt mobil anda. Memang cara ini sedikit repot namun dapat memberikan hasil yang memuaskan juga.

Cara hilangkan bunyi fanbelt dengan menyemprotkan WD dan sejenisnya

Cara ini sebenarmya tidak disarankan sebab cairan sejenis WD dapat merusak komponen fanbelt, namun jika kalian mau dengan resiko ini silahkan anda semprotkan sedikit saja cairan WD pada bagian dalam fanbelt kemudian tes / nyalakan mesin mobil.

Nah begitulah tadi tips menghilangkan bunyi mencicit pada mobil, jika masih terdapat bunyi setelah dilakukan cara cara diatas ada kemungkinan komponen komponen seperti roller penghubung yang sudah aus bearingnya dan silahkan dilakukan pengecekan lebih lanjut di bengkel kepercayaan anda.

Cara hilangkan bunyi mencicit tali kipas mesin
Cara atasi tali kipas bunyi mencicit
Cara ampuh mengatasi tali kipas yang bunyi
Cara hilangkan bunyi mencicit tali kipas sendiri mudah
Cara murah hilangkan bunyi fan belt


3 comments:

  1. meskipun banyak juga game kartu yang bermunculan sekarang tetap saja permainan satu ini tetap menjadi primadona bagi penyuka nya
    hobiqq
    dewaqq
    sumoqq
    interqq

    ReplyDelete